Minggu, 11 Mei 2014

Memperhatikan Pembangunan Desa



(Oleh : M. Maulana Ksw, SH)

            Dapat kita lihat dan kita saksikan dampak dari tahun ke tahun yang terjadi dalam negeri ini, pembangunan yang semakin maju, lihat saja di kota-kota besar seperti provinsi, banyaknya berdiri usaha-usaha makro dan mikro, bertebaran usaha-usaha waralaba kecil diberbagai kota, ini adalah kemajuan dari aspek ekonomi dan pembangunan nasional. Pencapaian yang sangat luar biasa bagi kaum-kaum yang berkepentingan atas pembangunan tersebut tapi kita lihat dari dampak dan segi yang di timbulkan akibat pembangunan yang luar biasa tersebut.

            Pemerintah cenderung lebih memperhatikan kota besar tanpa melihat pembangunan yang ada di desa diakibatkan karena kota memiliki ladang investasi yang lebih besar, padahal hal tersebut adalah hal yang salah justru desa yang harus lebih di Perhatikan mengingat komoditas utama bahan pangan di harapkan jangan Impor tetapi dari desa dari negeri kita sendiri, karena kita harus jadi bangsa yang mandiri dan bisa berdiri di kaki sendiri. Kenyataan sarana dan prasarana infrastruktur di desa banyak hambatan dari jalan yang rusak, panen yang gagal akibat tidak ada bantuan pupuk dan serangan hama, serta fasilitas pendidikan yang kurang memadai.
            Begitupun juga dengan pembangunan di kota-kota besar yang menggusur sawah-sawah menjadi lahan perumahan, serta rawa-rawa di timbun untuk mendirikan bangunan ini adalah hal yang sangat tidak memikirkan aspek jangka panjang karena dari penimbunan rawa-rawa tersimbun tampungan air hujan akan menggenag dan terjadilah pembangunan.
            Jika pemerintah ingin mengizinkan pembangunan bagi pihak swasta harus benar-benar memperhatikan kepentingan dari berbagai kelompok akibat yang ditimbulkan dari pembangunan tersebut jangan melihat dari uang pihak swasta tersebut. Pembangunan memang sangat dipentingkan tapi lihat dulu pembangunan desa jangan hanya memfokuskan pada pembangunan kota, benahi dulu sarana dan prasarana di desa,perhatikan penghasilan masyarakat pertanian, fasilitas pendidikan di desa, contohnya desa di daerah perbatasan yang jauh dari perhatian pemerintah pusat, desa di daerah perbatasan harus lebih di perhatikan, karana daerah perbatasan tersebut itulah yang rentan dijadikan sasaran Negara lain untuk memilikinya, dan jangan pernah membuat desa perbatasan merasa di anak tirikan!
            Pembangunan harus memang benar-benar di perhatikan jangan hanya menjadikan pembangunan hanya untuk kota-kota besar yang akhirnya malah menghancurkan kota besar itu sendiri, contoh terjadinya banjir. Kita tidak bisa hanya terpesona oleh keadaan kemewahan gedung-gedung menjulang tinggi, taman-taman yang indah tapi harus juga perhatikan pembanguan saudara kita di desa, baik dari segi pembangunan ekonomi, sosial serta pembangunan nasional.
            Dewasa ini belajarlah kita untuk saling peduli jangan hanya mementingkan ego dan tujuan politik, jangan hanya pas mau pemilu saja mulai para kader partai politik mulai mau membangun desa demi tujuannya terpilih menjadi apa yang di inginkannya tapi perhatikanlah dengan seungguh-sungguh, Negara ini Negara kita Negara milik kita bersama, tujuan kita memiliki Negara yang berdaulat dalah untuk mendapat kemakmuran dan kemajuan dalam kehidupan berbangsa baik dari segi aspek nasional maupun internasional.

Tidak ada komentar: